6 Aplikasi Berlatih Sepak Bola Terbaik Untuk Jadi Pemain Pro

Skill setiap pemain di lapangan itulah yang menentukan berjalan atau tidaknya strategi yang diterapkan oleh pelatihnya. Sebaik apapun strategi dan rencana koordinasi setiap pemain di lapangan, jika tidak diimbangi dengan skill yang dimiliki setiap pemain, maka hasil permainan sebuah tim juga tidak akan maksimal, bahkan cenderung menjadi buruk. Biasanya untuk metode atau taktik memancing barisan pertahanan tim lawan, para pemain sayaplah yang dimanfaatkan. Pemain sayap kanan maupun kiri harus selalu dalam kondisi siap supaya pertahanan dari tim lawan dapat dikacaukan. Ketika pertahanan mereka sudah berantakan, kesempatan untuk menerobos menjadi lebih besar.

Dengan memainkan dua penyerang sayap, potensi ancaman dari para full-back lawan bisa ditekan. Selama dua penyerang yang bermain melebar itu tetap berada jauh di depan, maka akan terlalu berisiko bagi full-back lawan untuk ikut naik membantu serangan timnya. Pertahanan yang solid dan tempo permainan yang terjaga adalah jaminan.

Dalam hal taktik penyerangan, pelatih tentunya sudah menyusun gerakan pada setiap pemainnya sesuai dengan posisi masing-masing. Dengan penentuan gerakan untuk masing-masing posisi pemain, maka para pemain tak seharusnya mencoba keluar dari posisi yang sudah menjadi tugasnya.

Billy Wright adalah satu dari sedikit sweeper asal Inggris yang penampilannya sangat luar biasa. Tak hanya itu, Wright juga menghabiskan seluruh karirnya bermain untuk Wolverhampton Wanderers. Ia berhasil memimpin Wolverhampton menjadi salah satu klub tersukses pada masanya, dengan memenangkan tiga gelar Liga Inggris dan satu trofi Piala FA.

Pertahanan jenis ini berintikan bahwa pemain yang bertugas bertahan perlu menjaga daerah pertahanan yang sudah pelatih tentukan. Apabila pemain dari tim lawan mencoba menerobos untuk masuk ke daerah tersebut, maka tugas utama pemain bertahan adalah menghalau pemain lawan supaya tak telanjur masuk. Jadi, untuk sementara, tidak apalah bila sepak bola kita belum mampu bicara di tingkat dunia. Namun, lewat seni dalam kisah wayang, Indonesia bisa menginspirasi lahirnya taktik-taktik pertandingan sepak bola. Karena jenis permainan yang cenderung ofensif, tak banyak tim Inggris yang mengadopsi sistem sweeper dalam formasi mereka.

Namun, serangan mendadak sulit dilancarkan dengan formasi ini, terutama jika para pemain sayapnya diberi tanggung jawab utama untuk meng- cover pertahanan. Untuk sampai pada tahap itu selain dibutuhkan strategi, koordinasi dan kerja sama tim yang baik, dibutuhkan juga tingkat skill pemain yang juga mesti harus terus diasah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *